Sensor Mundur : Fungsi, Jenis dan Manfaatnya

Daftar Isi

Sensor parkir mobil, cara pasang sensor parkir mobil

INDSUKMA
- Seiring perkembangan teknologi, semua mobil kini memiliki fitur sensor mundur yang tujuannya untuk memudahkan Anda parkir. Bukan hanya mobil keluaran terbaru saja, terkadang mobil keluaran lama juga ikut memasang sensor mundur untuk menambah kesan estetika mobil. Entah itu berfungsi atau hanya sekedar hiasan body mobil saja kita semua tidak tahu.

Dalam artikel ini, kami akan menjelaskan apa itu sensor mundur, manfaat serta bagaimana cara memasang sensor mundur untuk mobil-mobil keluaran lama. Untuk sebab itu, simak artikel ini sampai selesai.

Apa Itu Sensor Mundur ?

Sensor mundur atau biasa dikenal sensor parkir adalah sebuah fitur yang tersedia pada mobil-mobil keluaran terbaru untuk mempermudah Anda parkir dalam kondisi yang sangat sempit.

Jenis Sensor Mundur

Ada beberapa jenis sensor mundur yang sering digunakan untuk setiap mobil. Diantaranya sebagai berikut :

Sensor Elektromagnetik

Sensor mundu ini menggunakan medan elektromagnetik untuk mendeteksi benda di sekitar mobil. Ketika ada perubahan dalam medan elektromagnetik yang disebabkan oleh sebuah benda di sekitar mobil, sensor parkir akan memberikan peringatan kepada pengemudi.

Sensor Ultrasonik

Sedangkan sensor mundur jenis ultrasonik,memanfaatkan gelombang ultrasonik untuk mendeteksi benda di sekitar mobil. Ketika gelombang ultrasonik dipantulkan oleh benda di sekitar, sensor akan menerima pantulan tersebut dan menghitung jaraknya. Informasi ini kemudian dikirim ke ECU yang akan memberikan peringatan kalau beda disekitar mobil sudah dekat dengan body mobil.

Fungsi Sensor Mundur Mobil

Sensor mundur mobil memiliki beberapa fungsi utama, di antaranya :

Mendeteksi Benda di Sekitar

Fungsi utama dari sensor mundur adalah untuk mendeteksi keberadaan benda di sekitar mobil saat sedang mundur. Benda yang dideteksi bisa berupa tembok, kendaraan lain, atau bahkan manusia.

Mengurangi Risiko Tabrakan

Dengan adanya sensor mundur, risiko terjadinya tabrakan saat mobil mundur dapat diminimalkan. Sensor ini memberikan peringatan kepada Anda sehingga dapat mengontrol mobil dengan baik.

Mempermudah Maneuver

Sensor mundur juga membantu mempermudah proses parkir atau manuver di tempat yang sempit. Dengan adanya peringatan dari sensor, Anda dapat lebih percaya diri dan akurat saat melakukan parkir mundur.

Sensor mundur mobil merupakan salah satu fitur yang sangat penting dan berguna untuk meningkatkan keamanan dan kenyamanan berkendara. Meskipun harga sensor mundur mobil mungkin tergolong cukup mahal, namun manfaat yang diberikan jauh lebih berharga dibandingkan dengan biaya yang dikeluarkan ketika mobil menabrak benda.

Ikuti kami di Google News