Pengertian Nozzle Pada Mobil Diesel serta Ciri-Ciri Kerusakannya

Daftar Isi

Fungsi nozel pada mobil diesel

INDSUKMA
- Pada sebuah mesin diesel terdapat sebuah nozzle yang berfungsi sangat penting untuk mengatur jumlah solar yang akan dibakar pada ruang bakar mesin diesel.

Artikel ini akan menjelaskan apa itu nozzle, fungsi nozzle diesel serta ciri-ciri nozzle diesel rusak. Simak ulasannya sebagai berikut.

Apa itu Nozzle Pada Mobil Diesel ?

Nozzle diesel atau nozzle solar merupakan bagian komponen yang berfungsi untuk menyuplai bahan bakar kedalam ruang bakar mesin diesel.

Nozzle diesel terletak pada bagian head cylinder mobil diesel yang biasanya saling terhubung dengan pipa cacing yang berasal dari bospom.

Fungsi Nozzle Pada Diesel

Penyemprotan Bahan Bakar

Fungsi nozzle diesel adalah menyemprotkan bahan bakar ke setiap piston dengan tekanan yang sangat besar. Proses pengkabutan solar ini sangat penting, agar bahan bakar dan udara dapat tercampur dengan sempurna.

Menentukan Semprotan Bahan Bakar

Nozzle solar berfungsi untuk mengatur pola semprotan kedalam mesin agar bahan bakar mesin diesel bisa terbakar dengan baik.

Ciri-Ciri Nozzle Diesel Rusak

Seiring pemakaiannya mesin diesel, nozzle dapat mengalami kerusakan, bahkan dapat menyebabkan mobil tidak bisa menyala. Untuk menghindari hal tersebut, simak beberapa tanda kerusakan nozzle diesel pada mobil Anda.

Tenaga Mesin Loyo

Ciri-ciri nozzle rusak dapat Anda rasakan ketika tenaga mesin mobil menjadi loyo dan getaran mesin terasa sangat kencang.

Boros Solar

Nozzle rusak menjadi penyebab borosnya solar. Hal ini disebabkan karena proses pengkabutan solar tidak berjalan dengan baik. Sehingga mengakibatkan solar terbuang sia-sia.

Muncul Asap Hitam

Ketika nozzle rusak, maka proses pembakaran menjadi tidak sempurna sehingga mengakibatkan asap hitam muncul dari knalpot. Hal ini terjadi karena solar tidak bisa terbakar dengan sempurna.

Mesin Susah Dinyalakan

Mesin diesel yang susah dinyalakan bisa juga disebabkan oleh nozzle yang bermasalah. Hal ini disebabkan solar yang masuk kedalam ruang bakar terlalu banyak, sehingga solar susah untuk terbakar.

Demikian artikel tentang nozzle diesel kami bagikan, semoga dapat menambah wawasan Anda semua.

Ikuti kami di Google News