Manfaat dan Fungsi Engine Flush untuk Mobil : Mengapa Anda Perlu Melakukannya

Daftar Isi

Fungsi Engine Flush untuk motor

INDSUKMA
Engine Flush merupakan sebuah cairan untuk membilas (membersihkan) kotoran yang menempel di dalam mesin mobil, tanpa harus melakukan overhoul.

Pada artikel ini, kita akan membahas secara lengkap tentang fungsi engine flush, manfaatnya untuk mobil Anda, dan produk engine flush yang sering digunakan oleh bengkel-bengkel resmi maupun bengkel pinggir jalan.

Apa Itu Engine Flush ?

Engine Flush artinya “pembilasan mesin” yang dapat kita simpulkan sebagai proses pembersihan endapan-endapan oli yang masih tertinggal didalam mesin.

Hal ini bisa Anda lakukan minimal 3 tahun sekali, agar performa mobil tidak menurun seiring waktu pemakaiannya. Jika Anda masih ragu untuk flushing oli mesin, maka sebaiknya menggunakan jasa bengkel saja. Karena biaya engine flushing tidak terlalu mahal.

Lalu apa sih fungsi dari engine flush ? Dibawah ini sudah kami rangkum beberapa fungsi engine flush untuk semua tipe kendaraan, baik itu sepeda motor, mobil pribadi dan juga truk. Jadi simak artikel ini sampai selesai.

Fungsi Engine Flush

Membersihkan Kerak Oli

Fungsi engine flush mobil adalah membersihkan kotoran-kotoran yang menempel di dalam mesin supaya oli mesin dapat melumasi komponen-komponen seperti, metal jalan, metal duduk, noken as dan lainnya dengan lancar.

Membersihkan Sludge dan Karbon

Fungsi engine flush bukan hanya sekedar membersihkan kerak oli pada bagian mesin, namun engine flush juga bisa memberikan sludge dan karbon yang menumpuk pada bagian ring piston.

Pembersihan Mesin Mobil versi Murah

Seiring berjalannya waktu, performa mesin akan terus menurun jika Anda tidak merawatnya dengan baik dan benar. Nah, engine flush merupakan proses pembersihan komponen-komponen mesin mobil versi murah yang dapat menjadi opsi tepat untuk Anda.

Lalu bagaimina cara menggunakan engine flush ? Simak dengan baik, langkah-langkah menggunakan cairan engine flush.

Cara Menggunakan Engine Flush

Cara menggunakan engine flush yang tepat adalah ketika Anda ingin mengganti oli mesin serta mengganti filter oli. Pastikan jadwal penggantian oli Anda tepat di pemakaian 5000 KM, agar tidak rugi menggunakan oli sebelumnya.

Sebelum mengganti oli mesin, Anda perlu memanasi mobil terlebih dahulu sebentar sampai mesin mobil terasa hangat. Setelah itu, matikan mesin mobil lalu kemudian tuangkan cairan engine flush kedalam mesin mobil.

Ketika cairan engine flush sudah masuk, Anda perlu menyalakan mesin mobil lagi selama 5 - 10 menit agar cairan engine flush tercampur dengan oli secara merata. Sehingga engine flush dapat bekerja secara maksimal.

Setelah menunggu 5 - 10 menit kemudian matikan mesin. Tunggu sampai 5 menit agar hawa panas mesin mobil keluar. Kemudian buka baut pembuangan oli, dan juga filter oli.

Mengapa filter oli diganti ? Karena jika dipakai lagi maka kinerja filter oli sudah tidak maksimal, karena sebagian besar kotoran nyangkut di dalam filter oli, yang dapat menyebabkan sirkulasi oli mesin menjadi tidak lancar.

Jika sudah selesai ngetap oli mesin, pasang kembali baut dan juga filter oli mobil Anda.

Sekarang giliran Anda merasakan perbedaannya, mesin mobil akan terasa lebih responsif dari sebelumnya.

Setelah mengetahui cara menggunakan cairan engine flush, selanjutnya kita akan membahas efek samping melakukan engine flush pada mobil.

Efek Menggunakan Engine Flush

Jika Anda masih ragu untuk melakukan flushing oli mesin sendiri, maka sebaiknya pergi kebengkel saja.

Karena jika Anda salah dalam menggunakan engine flush, maka akan menyebabkan beberapa seal menjadi bocor, seperti seal klep, seal kruk as dan lainnya.

Oleh karena itu, Anda perlu berhati-hati dalam menuangkan cairan engine flush, lebih banyak cairan engine flush masuk ke dalam mesin bukan berarti itu bagus untuk membersihkan kerak oli mesin secara cepat.

Jadi bacalah buku panduan yang terdapat setiap produk engine flush untuk menghindari kerusakan-kerusakan seal pada bagian mesin mobil.

Sebagai bonus, kami memberikan beberapa produk yang sering digunakan oleh bengkel-bengkel :

Produk Engine Flush

  • Prestone Engine Flush
  • STP Engine Flush
  • Liqui Moly Engine Flush
  • Mitsubishi Engine Flush
  • Wealthy Engine Flush 

Ikuti kami di Google News