Apa Itu Skotlet ? : Cara Pasang, dan Apakah Merusak Cat ?

Daftar Isi

Apa itu skotlet, apa itu wrapping

INDSUKMA
Apakah Anda pernah mendengar istilah skotlet atau biasanya striping motor ? Mungkin Anda pernah melihat motor yang memiliki warna yang terlihat aneh yang belum pernah sama sekali Anda lihat sehingga kepikiran untuk mencari tahu warna cat motor tersebut, namun susah untuk mencarinya.

Yaa, mungkin saja motor itu telah dipasang skotlet, sehingga Anda susah untuk mencari warna tersebut.

Dalam artikel ini, kita akan membahas segala sesuatu tentang skotlet mulai dari apa itu skotlet, cara memasangnya, hingga apakah penggunaannya dapat merusak cat motor. Jadi, jika Anda penasaran dan ingin mengetahui lebih lanjut, mari kita simak artikel dibawah ini !

Apa Itu Skotlet ?

Jadi, apa sebenarnya skotlet itu ? Skotlet, juga dikenal sebagai scotlite, adalah sejenis bahan film yang biasanya digunakan untuk memberikan perlindungan atau merubah tampilan estetika pada permukaan motor.

Bahan ini sangat fleksibel dan dapat ditempelkan pada berbagai bagian motor seperti body, kaca, velg, atau bagian lain yang Anda ingin pasang skotlet.

Kelebihan Skotlet

Melindungi Body

Kelebihan utama memasang skotlet adalah melindungi permukaan motor dari goresan, debu, dan serta memperawet warna cat motor.

Tampilan Berbeda

Adanya berbagai pilihan warna dan motif, skotlet dapat memberikan tampilan yang lebih menarik dan personal pada motor Anda.

Harga Terjangkau

Dibandingkan dengan cat ulang atau modifikasi lainnya, harga skotlet motor cenderung lebih terjangkau, sehingga menjadi pilihan yang baik bagi para penggemar untuk modifikasi motor.

Cara Pasang Skotlet Motor

Bagaimana cara memasang skotlet di motor? Berikut adalah panduan langkah demi langkah untuk memasang skotlet dengan benar:

Persiapkan Permukaan

Pastikan permukaan body motor bersih dan kering sebelum melakukan pemasangan skotlet.

Potong Skotlet

Potong skotlet sesuai dengan ukuran dan bentuk yang Anda inginkan.

Pasang Skotlet

Tempelkan skotlet perlahan-lahan, pastikan tidak ada gelembung udara yang terjebak di bawahnya. Karena akan merusak estetika pemasangan skotlet

Ratakan Skotlet Pelan

Gunakan alat pasang skotlet seperti spatula karet untuk meratakan skotlet dan menghilangkan gelembung udara.

Panaskan Sebentar

Jika diperlukan, gunakan hair dryer atau heat gun dan korek untuk sedikit memanaskan skotlet agar lebih mudah ditempelkan pada bagian body motor yang tidak rata.

Apakah Skotlet Merusak Cat Motor ?

Ini adalah pertanyaan yang sering dipertanyakan oleh para penggemar modifikasi motor. Secara umum, jika dipasang dengan benar dan dilepas dengan hati-hati, skotlet tidak akan merusak cat motor.

Namun, jika skotlet dipasang dengan tidak benar atau dibiarkan terlalu lama, bisa saja meninggalkan bekas lem atau mengakibatkan perubahan warna pada cat motor. Jadi maksimalnya umur skotlet adalah 3 tahun.

Apa Fungsi Skotlet Motor Transparan ?

Selain berbagai warna dan motif yang tersedia, ada juga skotlet motor transparan yang dapat Anda gunakan untuk memberikan perlindungan ekstra tanpa mengubah tampilan asli motor Anda. Skotlet transparan sering digunakan untuk melindungi permukaan motor yang rentan terhadap goresan atau sinar UV.

Dengan begitu, skotlet adalah solusi yang praktis dan terjangkau untuk memberikan perlindungan dan merubah tampilan estetika pada motor Anda.