3 Jenis Motor Starter yang Perlu Anda Ketahui

Daftar Isi

3 jenis motor starter mobil, diantaranya adalah tipe konvensional, tipe reduksi dan tipe planetary.

INDSUKMA
- Motor starter adalah komponen penting pada mesin mobil maupun motor. Motor starter memudahkan kita untuk menghidupkan mesin.

Namun tahukah Anda, ternyata ada beberapa jenis motor starter, diantaranya adalah tipe konvensional, tipe reduksi dan tipe planetary, yang masing-masing motor starter memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri.

Pada artikel ini, kita akan mengulas jenis-jenis motor starter yang umum digunakan serta membahas apa saja kelebihan motor starter dari masing-masing jenis motor starter tersebut.

Jenis-Jenis Motor Starter

Motor Starter Tipe Konvensional

Salah satu jenis motor starter yang pertama dan paling umum dikenal adalah motor starter tipe konvensional. Motor starter tipe konvensional ini merupakan jenis motor starter yang paling sederhana dalam hal komponen maupun cara kerjanya.

Motor starter tipe konvensional hanya dilengkapi dengan satu buah gigi, yaitu gigi pinion, yang langsung terhubung dengan flywheel (roda gila) ketika saklar starter diaktifkan.

Pada jenis motor starter ini, gigi pinion terhubung langsung dengan poros armature. Dengan demikian, saat armature berputar, gigi pinion akan secara langsung menggerakkan flywheel.

Kelebihan motor starter tipe konvensional terletak pada konstruksinya yang sederhana. Namun, kekurangannya terletak pada momen putar yang terbatas, sehingga kurang cocok untuk digunakan pada mesin yang besar dan berat.

Motor Starter Tipe Reduksi

Salah satu jenis motor starter yang lebih canggih adalah tipe reduksi. Motor starter ini dilengkapi dengan mekanisme reduksi gigi yang memungkinkan motor untuk dihidupkan dengan lebih lembut dan tenang.

Pada motor starter ini, prinsip kerja dasarnya adalah menggunakan serangkaian gigi untuk mengurangi kecepatan putaran poros armature, tetapi meningkatkan momen putar yang diberikan pada pinion gear.

Ini berarti bahwa meskipun poros armature berputar dengan kecepatan yang tinggi, pinion gear yang terhubung dengannya akan menerima momen putar yang lebih besar, yang kemudian ditransfer ke flywheel untuk menghidupkan mesin dengan lebih lembut dan efisien.

Motor Starter Tipe Planetary Gear

Motor starter tipe planetary gear adalah motor starter yang paling canggih dan kompleks dari ketiganya. Jenis motor starter ini menggunakan mekanisme roda gigi planetarium untuk mengubah kecepatan dan torsi sebelum mengalirkan daya ke motor.

Ini membuat proses start-up mesin lebih efisien dan membantu mengurangi keausan pada komponen motor. Motor starter tipe planetary gear sering digunakan dalam aplikasi yang membutuhkan kontrol yang sangat presisi dan efisiensi maksimal.

Kelebihan Dari Jenis-Jenis Motor Starter

Sekarang, mari kita simak beberapa kelebihan dari masing-masing jenis motor starter :

Motor Starter Tipe Konvensional

Sederhana dan dapat diandalkan, cocok untuk sepeda motor dengan kebutuhan start-up standar.

Motor Starter Tipe Reduksi

Menawarkan start-up yang lebih halus dan mengurangi tekanan pada motor, memperpanjang umur pakai dan mengurangi risiko kerusakan.

Motor Starter Tipe Planetary Gear

Menawarkan kontrol yang sangat presisi dan efisiensi maksimal, cocok untuk aplikasi yang membutuhkan kinerja tinggi dan penggunaan daya yang efisien.

Ikuti kami di Google News

FAQ

Apa saja jenis starter? Ada 3 jenis motor starter mobil, diantaranya adalah tipe konvensional, tipe reduksi dan tipe planetary.
Apa saja 5 bagian dari motor motor starter? 1. Bagian-Bagian Motor Starter 2. Saklar Starter (Selenoid ) 3. Kumparan Medan (Field Coil ) 4. Kumparan Jangkar. 5. Sikat Arang ( Brush ) 6. Armatur dan komutator. 7. Over running clutch dan roda gigi pinion.
Apa itu starter Planetary? Motor starter tipe planetary gear adalah motor starter yang paling canggih dan kompleks dari ketiganya. Jenis motor starter ini menggunakan mekanisme roda gigi planetarium untuk mengubah kecepatan dan torsi sebelum mengalirkan daya ke motor.
Jelaskan apa yang dimaksud dengan motor starter? Motor starter adalah sebuah perangkat atau sistem yang digunakan untuk menghidupkan mesin atau motor listrik dengan aman dan efisien. Fungsi utama dari motor starter adalah untuk mengontrol aliran listrik ke motor, memungkinkan proses start-up yang lancar tanpa menimbulkan kerusakan pada motor maupun sistem lainnya.