Pahami Jenis-Jenis Lampu Mobil

Daftar Isi

Jenis lampu pada mobil, macam macam lampu pada mobil dan fungsinya

INDSUKMA
- Pada sebuah mobil terdapat berbagai macam jenis lampu yang memiliki fungsi yang berbeda-beda.

Terdapat beberapa jenis lampu mobil yang perlu Anda ketahui dan juga fungsi dari setiap jenis lampu mobil tersebut.

Di Dalam artikel ini, kita akan membahas berbagai macam jenis lampu pada mobil beserta fungsinya masing-masing.

Jenis-Jenis Lampu Mobil

Lampu Halogen

Lampu halogen merupakan jenis lampu yang paling banyak digunakan, baik itu mobil pribadi maupun truk. Lampu halogen memiliki harga yang lebih murah dan mudah didapatkan dipasaran.

Lampu LED

Jenis lampu mobil ini biasanya digunakan pada mobil-mobil keluaran terbaru atau tahun 2020 keatas. Light Emitting Diode atau biasanya disebut dengan lampu LED memang lebih unggul dari pada jenis lampu halogen. Menghasilkan cahaya yang terang dan hemat energi, maka wajar jika jenis lampu mobil ini terbilang mahal.

Lampu HID

Lampu HID (High Intensity Discharge) merupakan lampu yang menggunakan gas xenon untuk membentuk cahaya yang sangat terang. Lampu HID termasuk jenis lampu mobil yang relatif mahal, tidak semua mobil menggunakan jenis lampu ini.

Lampu DRL (Daytime Running Light)

Pada umumnya lampu DRL di mobil akan menyala ketika mesin mobil dinyalakan tanpa perlu menyalakan saklarnya. Lampu DRL dirancang untuk meningkatkan visibilitas kendaraan untuk mengurangi resiko kecelakaan.

Lampu Foglamp (Kabut)

Jenis lampu ini sangat penting untuk di daerah yang sering terkena kabut. Lampu kabut ini sangat berguna serta dapat membantu visibilitas pengemudi ketika melewati daerah yang berkabut. Seperti daerah pegunungan,lereng dan perbukitan.

Lampu Projektor (Projie)

Jenis lampu mobil ini memiliki desain khusus untuk memberikan output cahaya yang lebih tajam dan terarah. Lampu jenis ini sering digunakan pada mobil-mobil mewah dan memiliki performa tinggi. Selain fungsinya yang sangat bagus sebagai lampu utama, lampu projector akan menambah estetika pada mobil.

Jenis Lampu Beserta Fungsinya

Lampu Dekat (Low Beam)

Fungsi lampu dekat adalah menerangi jalan dalam jarak yang dekat. Low beam merupakan lampu utama mobil yang paling sering digunakan.

Lampu Jauh (High Beam)

Fungsi lampu jauh adalah untuk menerangi trek jalan lurus yang gelap gulita. Selain itu lampu jauh bisa fungsikan sebagai tanda untuk meminta jalan kepada pengendara lain.

Lampu Kabut (Fog Lamp)

Lampu kabut digunakan sebagai tambahan, ketika anda sedang melewati jalan yang berkabut dan hujan.

Lampu Kota (Senja)

Lampu kota digunakan pada daerah yang memiliki cukup penerangan. Sesuai dengan namanya. lampu senja akan berfungsi ketika waktu sudah sore menjelang magrib.

Lampu Stop (Tail Lamp)

Lampu ini digunakan untuk belakang mobil untuk memberikan kode antar pengendara belakang. Jika dalam kondisi pengereman maka lampu tail akan menyala dengan terang sehingga pengendara belakang akan melakukan pengereman mobil agar tidak terjadi tabrakan.

Lampu Mundur (Atret)

Lampu mundur berfungsi untuk menerangi bagian belakang mobil. Jika mobil anda memiliki kamera parkir maka butuh penerangan yang jelas untuk menampilkan bagian belakang mobil.

Lampu Hazard (Lampu Hati-Hati)

lampu hazard berfungsi untuk memberikan tanda ke antar pengendara, ketika kita dalam keadaan emergency.

Lampu Sein

Lampu sein berfungsi untuk memberikan tanda bahwa kita ingin belok maupun ingin mendahului.

Memahami jenis lampu mobil beserta fungsinya adalah pengetahuan dasar bagi Anda yang sedang belajar mengemudi.