BoDMlhvVlbJmjkBEQkWUakI76WbnPky5VgTv6Jmo
Bookmark

Merek Mobil Dari Korea Selatan

Merek Mobil buatan Korea Selatan

INDSUKMA
- Terkenal dengan negara berteknologi maju, Korea Selatan berhasil menerapkan teknologi canggih pada dunia otomotif, seperti pada mobil listrik yang baru saja booming di pasar Indonesia.

Mobil asal Korea Selatan memang belum bisa menyaingi mobil buatan dari Jepang. Namun, siapa sangka hadirnya mobil Hyundai Ioniq 5, menjadi bukti bahwa Korea Selatan memang sangat jenius dalam menciptakan sebuah kendaraan dengan teknologi yang luar biasa.

Pada artikel ini, kami akan membagikan beberapa merk mobil dari Korea Selatan. Yuk simak artikel dibawah ini.

Merek Mobil Dari Korea Selatan

Hyundai

Merek mobil dari Korea yang paling populer adalah Hyundai. Berdiri sejak 1967, perusahaan otomotif ini selalu menciptakan mobil-mobil dengan inovasi teknologi yang mumpuni.

Sesuai dengan namanya, arti kata Hyundai adalah “generasi modern” yang berasal dari kaya Hyun artinya “modern” dan Dai “generasi”. Maka tak heran jika mobil buatan Korea ini selalu menciptakan sebuah inovasi modern yang diikuti oleh para pesaingnya.

KIA

Mobil buatan Korea selanjutnya adalah KIA (Korean International Automotive). Mobil KIA sendiri juga tak kalah populer dengan mobil buatan Hyundai.

Meski bermula dari membuat sepeda, sekarang KIA berubah menjadi perusahaan otomotif yang menjangkau pasar internasional.

Sempat mengalami penurunan pada tahun 1990-an, namun pada 1998 Hyundai berhasil membeli sebagian sahamnya dan sekarang masih tetap berdiri kokoh.

Genesis

Merek Mobil dari Korea yang ketiga ada Genesis. Meski tidak masuk resmi ke pasar otomotif Indonesia. Pada beberapa negara luar, Genesis menggantikan mobil kelas premium dari Hyundai yaitu Equus.

Sebagai tambahan Genesis merupakan anak dari perusahaan Hyundai.

Renault Samsung

Mungkin sebagian besar orang mengenal Samsung hanya memproduksi perangkat elektronik saja. Namun faktanya perusahaan Samsung juga memproduksi mobil loh.

Dimulai dari 1994, Samsung Motors dan Samsung Commercial Vehicles berdiri yang didukung penuh oleh perusahaan dari Jepang yaitu Nissan.

Dan pada tahun 1998 Samsung mengeluarkan mobil dengan tipe SM5/SQ5 yang dijual di Korea dan Chile.

Pada 1998, Samsung Motors hampir mengalami kebangkrutan karena terjadi krisis moneter. Untuk tetap bertahan di era tersebut, Samsung menjual beberapa saham ke Renault.

Renault memiliki saham Samsung Motors sebanyak 70 persen. Meskipun begitu, Renault tidak mau merubah merek tersebut. Renault tetap menggunakan nama Samsung bada sebagai ciri khas mobil buatan Korea Selatan.

Daewoo

Daewoo merupakan mobil buatan Korea Selatan yang dihasilkan dari kolaborasi dari General Motors dan Daewoo.

Mobil pertama yang diproduksi dari Daewoo adalah Opel Kadett E yang berhasil diekspor ke beberapa negara luar.

SsangYong

Merek mobil dari Korea yang terakhir adalah SsangYong yang sangat asing sekali bukan. SsangYong merupakan perusahaan otomotif yang berawal dari memproduksi bus, truk serta kendaraan militer untuk Amerika Serikat.

Namun seiring berjalannya waktu, perusahaan ini mengalami kebangkrutan yang berdampak pada popularitasnya. Sehingga jarang sekali orang Indonesia mengetahui mobil ini.

Itulah beberapa merk mobil dari Korea Selatan, semoga bisa menambah wawasan Anda.