6 Jenis Soket Lampu Mobil

Daftar Isi

INDSUKMA - Di dalam rangkain kelistrikan mobil terdapat beberapa soket yang berfungsi untuk menyalurkan sebuah arus listrik.

Salah satu soket yang sering mengalami kerusakan adalah soket lampu, baik itu di bagian lampu utama maupun di bagian lampu rem. Hal ini disebabkan karena usia pemakaian.


Di Dalam artikel ini kami akan membahas berbagai jenis soket lampu mobil serta menjelaskan fungsinya.


Jenis Soket Lampu Mobil


Soket Lampu H4


Soket H4 merupakan soket lampu mobil yang  paling banyak digunakan pada semua jenis mobil.

Soket H4 mobil digunakan pada lampu utama mobil, baik untuk lampu dekat maupun jauh.

Soket Lampu H4, Soket H4


Soket Lampu H11, HB3 & HB4


Soket H11, HB3 maupun HB4 umumnya digunakan pada lampu kabut atau fog lamp. Namun ada beberapa jenis mobil yang menggunakan soket  ini sebagai lampu utama, seperti Daihatsu Luxio, dan Toyota Innova Reborn


Soket Lampu H11, Soket H11



Soket Lampu H7


Soket H7 biasanya digunakan pada mobil-mobil berjenis sedan. Namun ada beberapa bus besar yang juga menggunakan soket H7, sebagai soket lampu bagian depan.


Soket Lampu H1


Soket H1 digunakan pada lampu mobil dengan tipe sedan, seperti Mercy, BMW dan lainnya. Bukan itu saja, terkadang soket ini digunakan pada lampu rotari pada mobil truk muatan berat.


Soket Lampu T10 & T13


Soket T10 digunakan sebagai lampu kota,atau biasa dikenal dengan lampu cumi. Bohlam cumi T10 & T13 menggunakan soket yang sama.


Piting Lampu kota, piting lampu cumi



Soket Lampu Rem T20 & S25D


Pada umumnya soket lampu rem menggunakan tipe S25D, namun beberapa mobil keluaranterbari seperti Daihatsu Sigra, Grand Max Microbus dan Innova Reborn menggunakan jenis soket lampu rem ini.

Soket Lampu rem mobil, piting lampu rem mobil

Soket Lampu Rem, Soket Lampu Belakang



Memahami berbagai jenis soket lampu mobil beserta fungsinya bukan hanya meningkatkan pengetahuan secara teknis, namun berguna untuk mencegah kesalahan pembelian soket lampu tersebut.