4 Penyebab Lampu Mobil Mati Sebelah

Daftar Isi

4 Penyebab Lampu Mobil Mati Sebelah

INDSUKMA
- Mengatasi lampu mobil mati sebelah merupakan hal mudah bagi seorang mekanik. Namun bagaimana bagi seorang driver ?

Ya seharusnya bisa untuk mengatasi lampu mobil mati sebelah ketika dalam keadaan darurat.

Namun bagi Anda yang masih awam untuk mengatasi masalah seperti ini, Anda perlu menyimak artikel ini sampai selesai.

Ada beberapa penyebab lampu mobil mati sebelah, dan Anda perlu mengetahui bahwa lampu mobil yang mati sebelah bukan berarti Anda harus mengganti lampu mobil tersebut. Simak beberapa penyebab lampu mobil mati sebelah sebagai berikut :

Penyebab Lampu Mobil Mati Sebelah

Sekring Putus

Pada beberapa mobil memiliki rangkaian listrik yang cukup bagus dan ruwet, dimana setiap yang berhubungan dengan kelistrikan dipasang sebuah sekring sebagai pengaman agar kerusakan tidak merambat pada komponen lainnya.

Jadi hal pertama yang harus Anda lakukan ketika lampu mobil mati sebelah, adalah memeriksa bagian box sekring. Periksa dan ganti sekring yang putus.

Relay Lampu Mati

Adanya relay dalam rangkaian lampu mobil berfungsi untuk memperpanjang umur saklar utama mobil. Perlu Anda ketahui, bahwa pada setiap sambungan listrik akan menimbulkan panas. Jika terus-menerus digunakan maka ada beberapa komponen yang akan kalah dan rusak.

Untuk mengatasi relay lampu mobil yang mati, Anda perlu mengganti komponen tersebut sesuai dengan relay tersebut.

Namun untuk memastikan relay lampu mobil benar-benar mati, Anda bisa mengecek dengan cara menukar relay tersebut dengan yang lainnya. Karena setiap mobil memiliki relay yang sama lebih dari satu buah.

Soket Lampu Meleleh

Penyebab lampu mobil mati sebelah terjadi karena soket lampu meleleh. Soket lampu yang meleleh disebabkan oleh, penggunaan lampu yang tidak standar, kualitas soket lampu buruk dan faktor pemasangan lampu mobil.

Cara mengatasinya adalah dengan mengganti soket lampu meleleh dengan yang baru, kami sarankan memakai soket lampu yang berbahan keramik, supaya lebih awet.

Bohlam Putus

Selain dari ketiga penyebab lampu mobil mati sebelah diatas, mungkin bohlam depan mobil memang sudah putus. Dan perlu adanya penggantian yang baru.

Memahami penyebab lampu mobil mati sebelah merupakan skil yang harus Anda kuasai, mengganti lampu utama mobil adalah komponen vital pada malam hari.

Jangan sampai perjalanan pada malam hari terganggu karena lampu mobil mati sebelah.