Ciri-Ciri Filter Solar Truk Canter Harus Diganti

Daftar Isi

Filter solar canter atas. filter solar canter awah panjang

Sukma G - Filter solar atau saringan bahan bakar pada mesin diesel merupakan bagian penting yang perlu diganti secara rutin.

Bagi pengemudi truk canter dan lainnya pasti sudah paham kapan waktu yang tepat untuk mengganti filter solar atas dan bawah untuk truk canter PS125.


Pada artikel ini, kami ingin membahas ciri-ciri filter solar canter harus diganti serta kapan waktu yang tepat untuk mengganti filter solar.


Simak artikel ini sampai selesai.


Ciri-Ciri Filter Solar Canter Harus Diganti


Mesin Brebet


Filter solar yang kotor menyebabkan mesin brebet atau kehilangan tenaga. Hal ini disebabkan karena solar tercampur dengan air atau bisa juga dengan endapan-endapan solar yang telah lama menumpuk.


Sehingga proses pembakaran tidak berfungsi dengan sempurna.


Konsumsi Solar Menjadi Boros


Efek filter solar kotor sangat mempengaruhi proses pembakaran pada mesin diesel. Hal ini terjadi karena proses pengabutan solar dengan udara tidak berjalan sesuai dengan perbandingan yang sudah ditentukan oleh setiap jenis truk.


Keluar Asap Hitam


Asap hitam yang keluar dari knalpot merupakn salah satu penyebab dari saringan solar kotor dan perlu diganti secepatnya.


Mobil Susah Dihidupkan


Filter solar yang kotor dapat menyebabkan nozzle injector tersumbat, sehingga menghalangi proses pengabutan antara solar dengan udara. Hal inilah yang menyebabkan mobil susah dinyalakan karena suplai bahan bakar yang kurang.


Mobil Tiba-Tiba Mogok 


Mobil tiba-tiba mogok ditengah jalan padat merupakan salah satu gejala filter solar yang kotor. Perlu diwaspadai dalam hal ini, karena sangat berbahaya jika terus-menerus dibiarkan.


Kapan Waktu ganti Filter Solar pada Truk Canter ?


1. Jarak Tempuh


Jarak tempuh bisa dijadikan patokan untuk mengganti filter solar supaya mesin tetap terus bertenaga. Biasanya jarak 10.000KM sekali wajib mengganti filter solar.


2. Tenaga Berkurang


Perhatikan performa truk canter yang kalian bawa, apakah mengalami penurunan tenaga apa tidak. Jika kalian merasakan perubahan tarikan mesin menjadi berat maka filter solar harus diganti.


3. Warna Solar


Cara mudah untuk mengetahui ciri-ciri filter solar kotor adalah dengan melihat warna solar yang keluar dari saringan solar.


Jika filter solar kotor, biasanya warna solar yang keluar dari saringan solar berwarna hitam dan banyak serpihan-serpihan kecil, seperti serbuk teh. Terkadang ada juga endapan seperti lumpur berwarna hitam.


Sekian pembahasan tentang Filter Solar Kotor, semoga bermanfaat.