BoDMlhvVlbJmjkBEQkWUakI76WbnPky5VgTv6Jmo
Bookmark

Perbedaan Air Radiator Merah dan Hijau : Mana yang Lebih Baik ?

Perbedaan Air Coolant Merah dan Hijau, Rekomendasi Air Coolant Terbaik untuk Mobil

Sukma G - Air radiator atau air coolant merupakan salah satu cairan yang sangat penting untuk sistem pendingin mesin, baik mesin berbahan bakar solar maupun bensin.

Banyak sekali orang yang masih bertanya-tanya tentang :

  • Apa perbedaan air radiator merah dan hijau ?
  • Apakah boleh mengisi air radiator beda warna dan merk ?

Pada artikel ini, saya ingin menjawab dua pertanyaan sekaligus, secara lengkap serta memberikan beberapa tips lainnya yang masih berkaitan dengan air coolant.

Apa Perbedaan Air Radiator Merah dan Hijau ?

Air coolant memiliki tiga jenis warna yang umum dijual dipasaran. Mulai dari warna hijau, merah (pink) dan juga warna biru.

Pada dasarnya air coolant memiliki fungsi yang sama sebagai pemindah suhu panas dari mesin ke tangki radiator. Namun ada beberapa produsen yang memproduksi air coolant untuk beberapa varian warna.

Bukan tanpa sebab produsen memproduksi air coolant beda warna, karena di setiap warna air coolant memiliki bahan kimia yang berbeda.

Dikutip dari Blog Prestone air radiator memiliki beberapa varian warna hanya untuk membedakan kandungan bahan kandungan untuk mencegah korosi pada jalur air radiator.

Air Radiator Hijau

Air radiator yang mengandung bahan baku kimia atau bisa dikelompokan kedalam jenis Air Coolant Inorganic Additive Technology (IAT), biasanya berwarna hijau dan biru.

Air radiator jenis ini juga mengharuskan pemilik mobil menguras serta menggantinya dengan yang baru dengan jarak tempuh 96.540/KM.

Air coolant ini biasanya digunakan pada mobil-mobil modern seperti sekarang. 

Air Radiator Merah

Air radiator merah merupakan air coolant yang mengandung bahan organik atau bisa dikatakan Organic Acid Technology (OAT). Air coolant merah memang memiliki umur lebih panjang, tetapi memiliki kekurangan untuk mencegah korosi.

Berbeda dengan air coolant jenis IAT yang memberikan kinerja lebih baik untuk mencegah korosi pada sistem pendingin mesin mobil.

Sekarang balik lagi ke selera masing-masing. Karena sudah saya jelaskan diatas. Dan saya simpulkan jika ingin : 

  • Mencegah korosi dengan baik (IAT)
  • Tahan lama (OAT)

Setelah mengetahui perbedaan air radiator merah dan hijau, kini saatnya menyimak jawab dari pertanyaan kedua.

Apakah Boleh Mengisi Air Radiator Beda Warna ?

Jawaban tegasnya “Boleh”, yang penting masih memiliki fungsi yang sama yaitu sebagai pendingin mesin.

Sama halnya ketika sedang minum air putih, mau berbagai macam merk yang penting fungsinya sama, sebagai penghilang rasa haus. Tetapi kita juga tidak bisa memungkiri, ada harga ada kualitas.

Apakah punya rekomendasi air coolant yang bagus untuk mobil ?

Tentu saja, Sukma G akan selalu memberikan rekomendasi yang terbaik untuk mobil Anda.

Rekomendasi Air Radiator Terbaik Untuk Mobil

1. Original Pabrik Mobil

Sukma G selalu menyarankan untuk menggunakan suku cadang termasuk air radiator dari pabrikan masing-mobil yang Anda miliki.

Selain sudah terbukti untuk menjaga performa serta melindungi mesin, menggunakan spare part original pabrik juga menjamin kualitas yang diberikan.

2. Prestone 

Prestone adalah salah satu produsen terkemuka yang menyediakan berbagai macam kebutuhan otomotif, seperti : Air Radiator, Minyak Rem, dan Pelumas mesin.

Prestone merupakan perusahaan yang berasal dari Amerika yang didirikan oleh George D.Meharry pada tahun 1927. Sudah cukup tinggi jam terbangnya. Jadi jangan tanya lagi soal kualitas.

3. Shell

Mungkin sebagian orang-orang mengetahui produsen ini hanya memproduksi oli mesin dan bahan bakar saja. Namun pada faktanya tidak.

Memang benar Shell dikenal sebagai perusahaan minyak dan gas, tetapi seiring berjalannya waktu, shell melakukan berbagi macam inovasi untuk memenuhi kebutuhan konsumen terutama dalam bidang otomotif.

Air raditor shell dirancang khusus untuk memberikan perlindungan extra terhadap mesin mobil.

Di Indonesia sendiri, banyak pengguna mobil yang mengakui terhadap kualitas produk yang berasal dari perusahaan Shell.

Maka tak heran jika reputasi Shell di Indonesia sangat kuat dalam bidang otomotif.

Shell merupakan gabungan dari dua perusahaan yaitu Royal Dutch Petroleum Company didirikan di Negara Belanda dan Shell Transport and Trading Company Ltd didirkan di Britinia Raya (Inggris).

Secara umum, perbedaan air radiator merah dan hijau terletak pada bahan yang digunakan pada setiap produk.

Oleh sebab itu, lebih baik berkosultasi ke dealer resmi dari setiap pabrikan mobil, untuk mendaoatkan petunjuk yang pasti.

Tetapi jika ingin menggunakan air radiator lain, maka dua brand raksasa diatas menjadi pilihan terbaik yang wajib dicoba untuk pertama kalinya.